Tentang Aku, Kamu, Kalian Semua dan Sahabat ( Semua Tentang Kita )

Selasa, 29 November 2016

Gatot Buktikan Manfaat Daun Kersen Sembuhkan Asam Urat

Meski dunia farmasi modern menyediakan berbagai obat-obatan yang murah dan mudah didapatkan di pasaran, namun sebagian orang masih mengandalkan bahan-bahan alam untuk kesehatan. Bahan alam ini umumnya berupa bagian dari tanaman, mulai dari akar, batang, daun, hingga buahnya.
Mereka yakin tanaman obat lebih aman dibanding obat berbahan kimia, apalagi bila dikonsumsi secara rutin. Sebut saja Muhammad Gatot, pria pensiunan itu sudah sejak lama mengonsumsi tanaman yang memiliki fungsi pengobatan, yang banyak ditemukan di lingkungan rumahnya.
Bagi Gatot yang kini berusia 63 tahun itu, mengaku, dengan mengkonsumsi obat herbal alami kesehatannya justru lebih baik. Seperti contoh, penyakit asam urat yang sudah lima tahun ini ia derita, sedikit demi sedikit mereda dengan rutin mengkonsumsi air seduhan daun kersen muda (daun ceri atau talok). Pohon kersen ini ada juga yang menyebutnya pohon talok (Muntingia calabura L.).
"Dalam sehari tiga kali saya konsumsi ramuan herbal itu, untuk meredakan asam urat yang saya derita,” kata warga Plamongan Indah Semarang itu, Kamis (24/11).
Sementara jika asam urat yang ia derita kambuh, maka dalam satu hari Gatot bisa meminumnya sampai 4 kali. Dalam satu kali minum, masing-masing satu gelas. Ia pun menjelaskan cara membuat ramuan obat herbal itu.
“Biasanya saya akan mengambil 10 lembar daun kersen muda. Setelah dicuci bersih, direbus dengan air sebanyak dua gelas. Kemudian masak hingga mendidih selama 45 menit, hingga menjadi satu gelas yang merupakan sisa-sisa sari daun tersebut,” bebernya.
Gatot menambahkan, bukan hanya daun kersen saja yang rutin ia konsumsi. "Buahnya pun bisa dikonsumsi sebagai pencegah kambuhnya asam urat tersebut,” jelasnya.
Selain obat herbal itu, Gatot juga sering mengonsumsi telur ayam kampung setengah matang, yang ia konsumsi dengan lada bubur atau beberapa butir merica serta garam.
“Biasanya dalam satu minggu sekali ketika dulu saya masih bertugas di salah satu Dinas Kantor Pemerintahan Kota Semarang, saya rutin mengkonsumsi telur ayam kampung rebus, yang dimasak setengah matang untuk menjaga stamina. Sementara, untuk lada bubuk atau beberapa butir merica biasanya 5 butir dan garam itu, untuk mencegah batuk dan membuat badan terasa hangat sehingga terhindar dari masuk angin,” ujarnya.
Sama halnya dengan Gatot, ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan Majapahit, Pedurungan Semarang, Eni Sukesih (59) juga mengonsumsi beberapa tanaman obat yang familiar di masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar